Minggu, 04 Agustus 2019

Persiapan Toilet Training Hira



Tak terasa Hira sudah memasuki usia 16 bulan, artinya sebentar lagi akan memulai fase toilet training (tt). Dari beberapa sumber dikatakan fase toilet training dilakukan antara usia 18 bulan - 3 tahun. Tergantung dari kesiapan orangtua dan anak.
Menurut artikel yang saya baca dari elhanalearningkit.com.
Balita, umumnya akan siap dilatih toilet training saat otot-ototnya mulai dapat mengontrol kandung kemih. Biasanya di usia 18 bulan ke atas. Selain itu ditandai juga dengan kesiapan fisik dan emosi serta bahasa di usia 2-3 tahun. Jika si kecil sudah bisa duduk tegak, diapernya kering 2-3 jam, mampu memahami instruksi sederhana dan sudah mampu mengatakan keinginannya, maka insya Allah dia sudah siap masuk ke fase toilet training.

Nah, sebelum memasuki masa 'siap' untuk memulai tolilet training, sayapun mulai menyiapkan beberapa hal yang sekiranya diperlukan pada saat proses toilet training berlangsung, ataupun sebagai pendukung yang diharapkan dapat meminimalisir drama (Insyaa Allah).
Diantaranya:
- Sounding, dimulai dari beberapa bulan yang lalu, tepatnya saat Hira memasuki usia 1 tahun, ketika dia sudah bisa berdiri, jongkok & berjalan. Saya teruskan sampai sekarang.
- Perbanyak stok celana, saya mulai membeli celana tambahan sebanyak 1 lusin ditambah celana dalamny(Antara males nyuci sama jaga² untuk cadangan 😂)
- Mengenalkan adab lewat buku, bagi saya buku berperan  sebagai media penunjang yang mempermudah ibu mengenalkan suatu hal baru kepada anak, termasuk mengenalkan adab toilet & tt.
Dari sekian banyak buku bagus tentang tt, saya memilih membeli buku bentuk softbook 3D (import) Alasannya karena dalam buku itu anak bisa diajak untuk ikut 'mengurus' si boneka yang hendak ke toilet. Soal redaksinya saya karang sendiri. Uniknya buku ini ada fitur celana lepas-pasang, pintu toilet buka-tutup, gulungan tissue 3D (yang saya kenalkan ke Hira sebagai handuk), dan simulasi mencuci tangan dari yang berbusa hingga bersih berkilaun setelah dibilas. Selain itu harganya yang pas dikantong *saya, IDR 57rban sudah termasuk ongkos kirim saat promo shopee gratis ongkir min 0 belanja heheheh.

- Mengenalkan adab ke kamar mandi secara langsung, saya mulai mencoba konsisten mengajak Hira membaca doa ketika akan dan sesudah dari kamar mandi, meskipun seringnya lupa 😅
Adapun adab² ke kamar mandi:

  • Membaca doa masuk kamar mandi
  • Masuk dengan kaki kiri
  • Tidak berbicara ketika dikamar mandi
  • Bersihkan kemaluan dengan tangan kiri
  • Mencuci tangan setelah buang hajat
  • Keluar dengan kaki kanan
  • Membaca doa keluar dari kamar mandi: غُفْرَانَكَ
    (GHUFROONAK: Ya Allah, aku memohon ampun kepadamu)
- Menerapkan adab ke diri sendiri terlebih dahulu, baru ajarkan ke anak. 

- Selalu berdoa kepada Allah , kita tidak punya daya dan upaya untuk menentukan apa yang akan terjadi nanti, makan harapan saya satu²nya setelah ikhtiar semampu yang saya bisa adalah berdoa, semoga Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya dan memberikan Umma kesabaran yang luas, agar toilet training ini bisa dilewati sesuai harapan & memupuk kemandirian untuk Hira.

Sekian berbagi cerita kali ini❤

0 komentar:

Posting Komentar