Rabu, 13 Mei 2020

Mengenalkan Fitrah Seksualitas #1

Salah satu fitrah manusia adalah memiliki gender, ada perbedaan antara laki² dan perempuan. Masing² telah Allah tetapkan kekurangan, kelebihan, hak dan kewajibannya. Kesemuanya  itu akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah. Dan orang tuanya lah yang berkewajiban untuk menuntun serta merawat anak, kembali pada fitrahnya dan juga sesuai dengan fitrahnya (laki² maupun perempuan).
Fitrah seksualitas anak ini bsik untuk dikenalkan sejak dini, minimalnya dia tau gendernya apakah laki² atau perempuan. Diusia Hira yang masih satu tahun ini, saya mencoba memberikan pemahaman tentang perbedaan laki² dan perempuan lewat perbedaan yang ia lihat dari sosok ayah dan ibunya. Dimana dalam keseharian, dia dikenalkan membedakan gender dari pakaiannya dan potongan rambutnya. Ya, baru hal sesederhana itu saja.
Selain itu saya juga merasa terbantu dengan buku bacaan Little Abid (untung ada yg jual ecer) yang judulnya "Aku berbeda dengan Syafa", disana dibahas bahwa tubuh adalah otoritas pribadi milik anak, siapapun tidak boleh ada yg melihatnya bahkan menyentuhnya, terkecuali untuk udzur tertu misalnya dokter saat memeriksa ketika sedang sakit. Dalam buku itu juga dibahas tentang batasan aurat laki² dan perempuan, perbedaan cara berpakaian dan adab umum tentang aurat seperti pakai handuk untuk menutup tubuh sehabis mandi, meski berada didalam rumah sendiri.
Eh ini kok jatohnya jd kaya review buku yah? Wkwkw. Yah pokoknya mah buku ini jadi media yg cukup membantu lah.
Dan alhamdulillahnya semenjak Hira diberi pengertian tentang gendernya perempuan, sekaramg pengennya kalau keluar pakai gamis & jilbab. MaasyaaAllah.. T-T.






0 komentar:

Posting Komentar